Kekeringan Melanda Dusun Pabitta Pelosok Pulau Kangean, Bantu Bangun Sumur!

Debit air di Dusun Pabitta, Pulau Kangean menyusut secara signifikan. Warga terpaksa konsumsi air keruh dan berharap hujan segera datang. Bantu warga Dusun Pabitta, pelosok Pulau Kangean punya sumur bor dalam dan pipanisasi ke perkampungan warga.

Kekeringan Melanda Dusun Pabitta Pelosok Pulau Kangean, Bantu Bangun Sumur!

Target

0 0

0%
0 72 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Kekeringan Melanda Dusun Pabitta Pelosok Pulau Kangean, Bantu Bangun Sumur!

Update : 15 Sep, 2021


Kekeringan panjang selalu menghampiri warga pelosok Pulau Kangean. Pasokan air hanya ada ketika musim hujan tiba, sedangkan musim kemarau selalu lebih panjang dari musim hujan. Di bulan Agustus, air di sumur sudah mulai mengering, tidak ada lagi air yang bisa diambil untuk kebutuhan masyarakat Kangean.

61090682d79c39b3be7e0454d9ed01d7.jpg

Di musim kering ini, sumur yang mereka miliki menyusut drastis. Bahkan warga harus menunggu 30-60 menit hingga air muncul untuk dapat satu ember air, itu pun air nya keruh. Padahal sumur tersebut adalah satu-satunya sumur bagi warga Dusun Pabitta, Desa Batu Putih.

4ff8586e3bc4a551757eb038c7338bbb.jpg

Satu-satunya sumur warga ini berjarak 3 km dari pemukiman warga, di tengah ladang tandus nan kering, sumurnya sumur dangkal, sebab tak ada anggaran untuk menggali sumur dalam. Warga biasanya berjalan kaki dan memikul air demi mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

Mayoritas warga di Dusun Pabitta adalah petani, tapi panen hanya bisa setahun sekali. Bagaimana lagi, air tidak mencukupi untuk tanam padi. Akhirnya banyak warga merantau sebagai TKI, bertahun-tahun tidak pulang demi mencukupi keluarga di kampung halaman.

8ffd4715028ed92e007075bc211f7253.jpg

Saat ini, warga membutuhkan penggalian sumur dalam, lalu membangun infrastruktur tandon, pipanisasi jalur irigasi, pompa air ke rumah-rumah warga, pembuatan Kamar Mandi beserta MCK dan reboisasi tanah-tanah kering. Harapannya, 10 tahun lagi air bersih nan jernih bisa mengalir tanpa henti.

66c8b9cecb2eee17e4f03eb73d3ed4a9.jpg

Insyaa Allah tim Aksi Cepat Tanggap Jatim akan berikhtiar melakukan penggalian sumur, lalu membangun infrastruktur tandon, pipanisasi jalur irigasi, pompa air ke rumah-rumah warga, pembuatan Kamar Mandi beserta MCK dan reboisasi tanah-tanah kering.

Sumur Wakaf ini insyaaAllah akan dirasakan manfaatnya oleh ribuan warga Dusun Pabitta, bahkan seluruh Desa Batu Putih, jika alirannya deras bisa dipipanisasi ke Desa lainnya. Sumur ini akan menjadi sumur irigasi warga, yang akan menghidupkan tanah yang kering dan menyuburkan padi-padi hingga menguning. Bulir padi-padi itu akan dinikmati baik oleh manusia maupun burung-burung. MaasyaaAllah besar dan luas sekali manfaatnya.

“Barang siapa yang menggali air (sumur), maka tidak minum darinya makhluk hidup baik jin, manusia dan burung kecuali Allah memberinya pahala pada hari kiamat.” (HR Bukhari)

Sahabat Dermawan, bantu ringankan sulitnya warga Pulau Kangean yang terpelosok untuk mendapatkan akses air bersih yuk! Bantu bangunkan sumur, MCK dan pipanisasi untuk irigasi sawah warga. Raih pahala jariyyah dari pembangunan sumur untuk ribuan warga di Pulau Kangean, sampaikan kepedulian terbaik melalui laman ini!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan