Cetak Generasi terbaik, Bangun SMA Berikut Masjid Satu-satunya di Culamega

Sahabat Dermawan, mari beramal jariyah dengan membangun sekolah dan masjid di Desa Cintabodas Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya. Insyaallah, sekolah berbasis wakaf ini akan melahirkan generasi Rabbani. Aamiin :)

Cetak Generasi terbaik, Bangun SMA Berikut Masjid Satu-satunya di Culamega

Target

0 0

0%
0 41 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Cetak Generasi terbaik, Bangun SMA Berikut Masjid Satu-satunya di Culamega


Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah pesantren dan sekolah paling banyak di Indonesia. Menurut data kemenag, bahwa di Jawa Barat terdapat 8.343 pesantren dengan jumlah santri sekitar 500 ribu orang. Dari mulai pesantren yang sudah berdaya hingga pesantren yang masih berjuang untuk mandiri. Namun persebaran sekolah maupun pesantren ini masih belum merata, masih banyak tempat yang minim fasilitas pendidikan dengan tingkatan tertentu.

Seperti halnya siswa yatim dan prasejahtera dan Penghafal Al Qur’an yang masih sulit mendapatkan akses pendidikan, baik itu yang harus menempuh jarak jauh maupun yang tidak memiliki biaya memadai untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Seperti halnya di Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya, salah satu kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang tidak ada fasilitas sekolah tingkat SMA/sederajat, sehingga masyarakat setempat harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan akses belajar dan ada juga yang pada akhirnya memilih berhenti sekolah karena keterbatasan akses jangkauan dan biaya.

7ef07fb185873c1730cb87ebc45d8f9c.jpg

Namun justru kondisi tersebut berbalik sejak hadirnya SMA Pesantren Peradaban yang merupakan institusi Pendidikan formal yang digagas oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu jejaring sekolah wakaf dengan jenjang setara SMA/sederajat yang berlokasi di Desa Cintabodas Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya.

Saat ini sudah ada 80 orang peserta didik dengan program beasiswa full yang diperuntukan bagi siswa prasejahtera, yatim, piatu dan para penghafal Al-Qur’an dengan kurikulum pembelajaran diantaranya kurikulum nasional, kurikulum pesantren (Diniyyah) dan kurikulum leadership & enterpreuneurship sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki SMA Peradaban ini.

424ea98e17415bb7e98cf5857d68c156.jpg

Semua peserta didik yang belajar di sini full beasiswa dan tinggal di asrama yang sudah disediakan, hal ini membuka peluang besar bagi mereka yang memiliki keterbatasan dan bisa bersekolah juga menuntut ilmu sebagaimana mestinya.

Seperti halnya Regi (16) salah satu siswa yang belajar di sekolah ini menceritakan, ia yang sejak kecil sudah tidak bersama ayahnya karena orang tuanya bercerai ini merasa bersyukur bisa belajar di sekolah ini, sebelumnya ia hampir putus sekolah karena keterbatasan ekonomi keluarganya. Alhamdulillah sekarang ia bisa melanjutkan pendidikan, dan bertekad untuk bisa sukses agar bisa membahagiakan ibu dan keluarganya.

Setiap harinya mereka ditempa dan dididik untuk menjadi generasi terbaik bangsa dan agama, saat ini ketersediaan fasilitas sekolah / pesantren belum semua terpenuhi, seperti halnya asrama putra dan masjid, saat ini santri putra tinggal di bangunan sementara dan ruangan kelas menjadi musala bersama.

238182513ff802571b099ee53204a16f.jpg

Rencananya, Masjid yang akan dibangun ini akan menjadi salah satu Masjid besar pertama di Kecamatan Culamega dimana pemanfaatannya tidak hanya untuk santri SMA / Pesantren namun oleh banyak masyarakat sekitar sehingga kemanfaatannya akan semakin besar. Begitupun dengan asrama putra yang akan menjadi bangunan tempat berteduh para calon generasi terbaik yang komptetitif, penghafal Al-Qur’an untuk menciptakan peradaban dunia yang lebih baik.

Harapannya, siswa dan santri terbaik pilihan ini bisa mendapatkan fasilitas asrama yang memadai dan fasilitas ibadah yaitu masjid yang layak yang siap dimakmurkan dengan kegiatan keagamaan baik oleh santri maupun oleh warga setempat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barang siapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat

250f71add1c42ea1167b5804b2f58018.jpg

In syaa Allah, dengan memohon ridho Allah, Global Wakaf-ACT berikhtiar melanjutkan pembangunan asrama putra dan pembangunan masjid. Tapi kami tidak dapat bergerak sendiri, kami juga perlu dukunganmu dalam rangka meluaskan manfaat dari hadirnya SMA Pesantren peradaban ini. Dengan wakaf tunai yang kamu berikan, maka akan menambah kemanfaatan bagi umat!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan