Bangun Sumur Wakaf untuk Para Santri Penghafal Quran di Depok

Ternyata di wilayah Depok, Jawa Barat, masih ada pondok pesantren yang kesulitan air bersih. Santri-santrinya terpaksa harus membersihkan diri dengan air yang tak layak. Ayo, segera bangun sumur wakaf di sana!

Bangun Sumur Wakaf untuk Para Santri Penghafal Quran di Depok

Target

0 0

0%
0 185 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Bangun Sumur Wakaf untuk Para Santri Penghafal Quran di Depok


Sahabat, pernahkah mendengar sebuah kisah yang terkandung dalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ini?

"Suatu ketika seorang laki-laki sangat kehausan di tengah perjalanan, kemudian dia menemukan sumur, turun ke dalam dan minum. Sesudah itu, dia keluar dari sumur dan dia melihat seekor anjing sedang menjilat tanah karena haus. Dia bergumam, 'Demi Allah, anjing ini telah menderita kehausan sebagaimana saya alami.' Kemudian dia pun turun ke dalam sumur dan mengisikan air ke dalam sepatunya dan segera dia memberi minum kepada anjing tersebut. Karena hal itu, Allah bersyukur dan mengampuni dosanya. Kemudian para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah kami memperoleh pahala dalam memberikan makanan dan minuman kepada hewan-hewan kami?' Rasulullah menjawab, 'Dalam setiap hal yang diberikan kepada perut makhluk hidup, ada pahalanya.'"(HR Bukhari).

9856c481fb82b3e29e458b3f6be22e99.jpg

Sedekah yang diberikan lelaki tersebut 'hanyalah' sedikit air untuk anjing yang diberikan dengan menggunakan alas kakinya. Namun, di mata Allah 'Azza wa Jalla, nilainya begitu besar.

Bayangkan, jika sedekah air tersebut dialirkan untuk para santri yang tengah sibuk mempelajari ilmu agama dan setiap hari melantunkan ayat-ayat Quran, dan diberikan dalam bentuk sumur wakaf. Sungguh keberkahannya akan semakin berlipat ganda.

5852bcc2a34e53c09966287ddbc72d12.jpg

Berkah sumur wakaf InsyaAllah semakin besar ketika dibangun di kawasan pesantren yang mengalami permasalahan kekeringan secara menahun. Ya, banyak santri yang menuntut ilmu di pesantren dengan kondisi geografis sekitarnya rentan krisis air, salah satunya adalah pondok pesantren di Depok.

85a965a7e320fd02ea790edff253dd3e.jpg

Mereka pun bukannya tak berusaha. Segala ikhtiar telah mereka coba secara mandiri tanpa bantuan dari pihak manapun, diantaranya sudah membangun sumur dangkal. Namun karena keterbatasan kemampuan, mereka hanya mampu membuat sumur dangkal yang kondisi airnya kurang layak. berbau wa bil khusus di musim kemarau mereka kekeringan. Padahal, beberapa wilayah pesantren perlu pengeboran sumur dengan cukup dalam (s/d 80 meter) untuk bisa mendapatkan cadangan air tanah dengan jumlah yang besar.

Adapun beberapa pesantren calon penerima manfaat wakaf sumur komunal ini diantaranya sbb;

1. Pondok Pesantren Tahfidz MASTER.
Pesantren gratis yang santrinya terdiri dari anak-anak jalanan, anak-anak yatim, serta masyarakat prasejahtera lainnya. Berada di wilayah Cilodong Depok Jawa Barat. Pesantren ini sudah berjalan, namun belum memiliki tempat. Di atas tanah wakaf ini sedang akan dibangun, bersamaan dengan campaign sumur wakaf ini.

2. Pondok pesantren Tahfidz Roudlatul Quran.
Pesentren setingkat SMP dan dengan total 180 santri ini berada di wilayah Citayam yang beririsan antara perbatasan Depok dan Bogor. Tepatnya di Asrama putri hingga saat ini belum memikili sumur. Hingga saat ini kebutuhan air didapat dari asrama ikhwan yang cukup jauh. Tak jarang ketika kemarau, para santri kekurangan air.

3. Pondok Pesantren Yatim & Dhuafa Halimatus Sa'diyah.
Berada di Jl. Raya Muchtar Bojongsari. Seluruh santri yatim dan dhuafa di sini tak hanya gratis, mereka juga disekolahkan umum di sekitar pesantren. Sepulang sekolah mereka kembali ke pondok. Sehari-hari mereka hidup di pondok. Sumur yang ada kondisinya masih sumur dangkal. Selain berbau, sumur di sini juga selalu kering ketika musim kemarau.

4. Rumah Quran Luqmaniyah.
Berlokasi di Jl. Raya Tapos, RT.01/05. no.61 Depok, Jawa Barat. Kegiatan belajar mengajar mengaji di sini tetap berjalan dan sudah berjalan turun-temurun sejak sangat lama. Bahkan sejak Ustadz Luqman pemilik sekaligus pengajar Rumah Quran ini belum lahir. Kondisi Rumah Quran ini masih terbuat dari bilik dan kayu. Sebagian besar sudah keropos dan tak layak huni.

Bayangkan, ketika air dari sumur yang kita wakafkan dapat membasahi lidah para calon-calon penghafal Quran. Pahalanya akan terus mengalir bahkan setelah kita wafat kelak. Masya Allah.

Insya Allah, Tim Global Wakaf Depok akan membangun sumur wakaf beserta fasilitas MCK untuk para santri dan santriwati. Insya Allah sumur yang akan dibangun menggunakan mesin pompa air dan InsyaAllah fasilitas MCK yang dibangun akan 2 sampai 3 pintu dan dilengkapi dengan keperluan lainnya.

Sumur Wakaf ini insya Allah akan bermanfaat untuk kurang lebih 400 santri di beberapa pesantren yang berada di Depok, sekaligus untuk masyarakat yang berada di sekitar pesantren, sumur ini rencananya akan dimanfaatkan untuk berwudhu, mandi, mencuci, hingga sumber air minum untuk para santri.

d65614bc2732801968b794667d5e6e49.png

Dari Sa’id bahwasanya Sa’ad mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bertanya, “Sedekah apa yang paling engkau sukai?” Jawab Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah air.” (HR. Abu Daud, no. 1679 dan An-Nasai, no. 3694; 3695; Ibnu Majah, no. 3684).

Insya Allah, Tim Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap Depok menginisiasi program Sumur Wakaf Komunal Pesantren untuk menjaga semangat para santri dalam menuntut ilmu agama. Dengan kedalaman maksimal 80 meter Insya Allah akan menciptakan ketersediaan air bersih. InsyaAllah wakaf tunaimu untuk pembangunan sumur ini membuat mereka tak lagi kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Yuk, gulirkan pahala dengan mengalirkan air bagi para calon penghafal Quran dengan wakaf sumur kita! Bismillah...

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan