Bangun Lumbung Ternak Wakaf di Kalimantan Selatan, Bantu Penuhi Kebutuhan Hewan Ternak

Permintaan hewan ternak di Kalsel cukup tinggi. Namun sayangnya ketersediaan hewan ternak masih terbatas. Dengan Lumbung Ternak Wakaf Insya Allah kebutuhan hewan ternak di Kalsel akan tercukupi. Mari berwakaf tunai untuk bangun Lumbung Ternak Wakaf!

Bangun Lumbung Ternak Wakaf di Kalimantan Selatan, Bantu Penuhi Kebutuhan Hewan Ternak

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Bangun Lumbung Ternak Wakaf di Kalimantan Selatan, Bantu Penuhi Kebutuhan Hewan Ternak

Update : 07 Jun, 2022


Kalimantan Selatan memiliki potensi hewan ternak yang cukup tinggi. Menyadur dari mediaindonesia.com, daging di Kalimantan Selatan pada 2020 untuk sapi potong 6.661.770 kilogram atau setara 50.114 ekor. Jumlah itu dipenuhi dari lokal sebanyak 22.249 ekor sedangkan sisanya masih dipenuhi dari luar Kalsel.

dab1ff142e68a59b6aae1eda083dc401.jpg

Sementara itu, seperti yang dilansir Klikkalsel.com, tahun 2021 proyeksi ketersediaan untuk hewan kurban di Kalsel sebanyak 11.432 ekor, terdiri dari sapi potong sebanyak 9.277 ekor, kerbau 726 ekor dan kambing sebanyak 1.426 ekor. Sebagian besar didatangkan dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Bali.

Berkaca dari kasus tersebut, ketersediaan hewan ternak lokal di Kalsel tak sebanding dengan permintaan hewan ternak, terlebih saat menjelang Idul Adha. Melalui Wakaf Ternak Produktif, Global Wakaf Kalimantan Selatan berupaya untuk melahirkan inovasi pengelolaan dana wakaf melalui industri peternakan dari hulu hingga ke hilir, dengan membangun Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

3554d099d200244900b3781232405a44.jpg


Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar dipilih sebagai lokasi implementasi Lumbung Ternak Wakaf pertama di Kalimantan. Lahan ini sendiri merupakan hasil wakaf dari Tahfidz Land Group Banjarmasin, di mana lahan seluas 10.200 m2 digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa setempat berbasis wakaf. Daerah ini, sebagian besar lahannya belum diolah sama sekali.

Insya Allah, Tim Global Wakaf Kalsel bersama dengan Tahfidz Land Group Banjarmasin berikhtiar untuk membangun Lumbung Ternak Wakaf. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan dan membantu ekonomi masyarakat desa setempat. Insya Allah, lumbung ternak wakaf ini akan didirikan kandang dan penyiapan bibit hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak lokal di Kalsel.

84c972ba600058e0725fbd8582e8d4f2.jpg

Kehadiran Lumbung Ternak Wakaf di Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Insya Allah dapat menghidupkan perekonomian masyarakat desa setempat, yang selama ini bergelut di bidang perkebunan karet. Selain itu, Lumbung Ternak Wakaf juga dapat menghidupkan lahan di Desa Abirau yang belum terolah sama sekali.

Rasulullah Shallallau’alaihi wa sallam bersabda: "Hampir tiba masanya yang pada saat itu sebaik – baik harta seorang muslim adalah kambing – kambing yang digembalakan nya dipuncak – puncak gunung dan di lembah – lembah, ia menjauhkan diri dari fitnah karena menjalankan ajaran agama nya." (HR. Bukhari)

78e6a7a54623cab2c5f41ebb056516c5.jpg

Sahabat, kebutuhan hewan ternak di Kalsel sangat tinggi. Namun, ketersediaan hewan ternak lokal masih sangat terbatas. Belum lagi kondisi perekonomian masyarakat Desa Abirau yang masih bergantung pada satu sektor perkebunan.

Dengan adanya Lumbung Ternak Wakaf pertama di Kalsel yang berlokasi di Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Insya Allah, akan memenuhi kebutuhan hewan ternak di Kalsel baik untuk memenuhi permintaan saat Idul Adha maupun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat. Mari bersama-sama kita hadirkan Lumbung Ternak Wakaf dengan wakaf tunai terbaikmu sekarang juga! Bismillah...

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan