Peluang Kebaikan: Bantu Bangun Pesantren Tahfidz Prasejahtera di Pelosok Pulau Mandangin

Sudah 30 tahun pesantren pinggir pantai ini melahirkan ratusan Hafidzul Qur’an. Yuk bantu bangun pesantren tahfidz Al Hasaniyyah di pelosok Pulau Mandangin!

Peluang Kebaikan: Bantu Bangun Pesantren Tahfidz Prasejahtera di Pelosok Pulau Mandangin

Target

0 0

0%
0 41 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Peluang Kebaikan: Bantu Bangun Pesantren Tahfidz Prasejahtera di Pelosok Pulau Mandangin


Sahabat pernah dengar nama Pulau Mandangin?

Pulau Mandangin adalah pulau kecil yang terletak di seberang Kabupaten Sampang Madura, dengan jumlah penduduk sekitar 15-20 ribu. Perjalanan untuk mencapai pulau ini pun tidak mudah, setidaknya diperlukan waktu 1,5 jam perjalanan dengan perahu dari Pelabuhan Tanglok, Sampang.

Meski berada di pulau nan jauh, syiar agama Islam bergaung sangat kencang di sana. Hafidz-hafidz Qur’an lahir dari pesantren-pesantren yang terdapat di Pulau Mandangin. Hal ini terlihat di Pondok Pesantren Al Hasaniyyah, sejak pukul 3 pagi lantunan ayat suci Al-Quran sudah terdengar di sana.

Ayat demi ayat dilantunkan oleh para santri dan memenuhi seisi ruangan. Setidaknya sudah 30 tahun pesantren pinggir pantai ini melahirkan ratusan hafidzul Qur’an.

ee94f72f6b6a9f743634623406926b58.jpg

"Kami biasa menghafal Al-Qur’an sejak sebelum subuh sampai pagi hari pukul 06:00. Lalu kami membersihkan diri, sarapan dan siap untuk sekolah. Siang hari selepas zuhur kami kembali lagi menghafal Al-Qur’an dan belajar kitab lainnya, hingga lepas isya," ujar Fandi yang sudah 4 tahun belajar Qur’an di pesantren Al Hasaniyyah.

Namun sayangnya semangat mereka menghafal Al-Quran tak didukung dengan kondisi pesantren yang layak, bangunan tua yang menjadi saksi lahirnya para penjaga Qur'an ini tak lagi mampu menampung banyaknya para santri yang tengah berjuang menghafal Al-Qur'an.

Bahkan kondisi pesantren ini cukup menyedihkan. Sebagian ruangannya, dindingnya masih dari anyaman bambu, dengan tiang kayu sederhana, dan atap seadanya. Santri tahfidz butuh ruang yang luas, supaya ketika mereka menghafal, tidak terganggu dengan suara teman lain yang juga sedang menghafal.

57eb94c1cea8e07a675ed00f9f9d6c1a.jpg

Pesantren ini berisikan anak-anak prasejahtera dari para nelayan pulau itu. Kadang mereka infaq 10 ribu-25 ribu per bulan saja untuk pesantren. Tapi seringkali banyak yang tak membayar karena tak ada biaya.

Para ustadznya pun hanya mendapat upah 50 ribu per bulan. Paling banyak 175 ribu per bulan jika beliau adalah kepala keluarga. Akan tetapi semangat mereka untuk mengabdi dan mengajar tidaklah diragukan.

Melihat kondisi ini, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur berikhtiar untuk membangun kembali pesantren mereka. Semoga dengannya makin semangat dan makin banyak santri tahfidz di sana. Pesantren akan diperluas, bahkan insyaaAllah dinaikkan 2 tingkat, dengan fasilitas MCK yang layak dan kamar untuk para santri dan ustadz.

Renovasi pesantren ini insyaaAllah akan bermanfaat untuk sekitar 400 santri di Pesantren Al Hasaniyyah. Sekaligus ratusan orang tua yang bahagia melepaskan anak-anaknya berjuang menuntut ilmu di pesantren ini, supaya tak lagi anak-anak tidur berdesak-desakan atau kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an karena tidak ada jarak antar santri untuk bisa fokus dan konsen menghafal.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih," (HR. Muslim no 1631)

2b5188a9b8e5b041fbc309b793299f1e.jpg

Ayat demi ayat dilantunkan oleh para santri tahfidz sejak pukul 3 pagi di pesantren kayu sederhana ini. Setidaknya Sudah 30 tahun pesantren pinggir pantai ini melahirkan ratusan Hafidzul Qur’an. Yuk bantu bangun pesantren tahfidz Al Hasaniyyah di pelosok Pulau Mandangin!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan