Wakaf Bangun Pesantren Ashybian Kampung Bojong Sukabumi

Harus tidur berdempetan, ditambah bangunan rumah yang kian lama kian lapuk, membuat para santri merasa was-was ketika tidur dan belajar. Mari wakaf bangun Pondok Pesantren Ashybian agar para santri dapat belajar dengan nyaman!

Wakaf Bangun Pesantren Ashybian Kampung Bojong Sukabumi

Target

0 0

0%
0 62 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Bangun Pesantren Ashybian Kampung Bojong Sukabumi

Update : 08 Apr, 2022


"Jika bukan kita siapa lagi yang mau mengajarkan anak-anak di wilayah ini," Ujar Ustadz Iwan.

Sahabat, begitu pedulinya Ustadz Iwan terhadap pendidikan islami anak-anak di wilayahnya. Bukan tanpa sebab, tetapi karena memang merekalah penerus-penerus yang akan membangun kampungnya bahkan negara ini di masa depan.

3851b9350fa6b63b7480c17025795395.jpg

Kampung Bojong Gadog RT 003, RW 009, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas merupakan daerah yang dekat dengan tambang emas. Walaupun desa tersebut berada di dekat tambang emas tetapi kehidupan mereka bisa dikatakan belum sejahtera. Akses ke lokasi pun cukup sulit ketika hujan tiba, karena kondisi jalan yang masih bebatuan. Mayoritas masyarakat di sana hanya bekerja sebagai pengayak pasir tambang yang penghasilnnya tidak seberapa, hanya 50 ribu perhari.

Terlepas dari Kampung Bojong yang dekat dengan tambang emas, ternyata di kampung tersebut berdiri sebuah ponpes yang jumlah santrinya kurang lebih 70 anak. Berasal dari anak-anak kalangan menengah ke bawah, rata-rata umur para santri yaitu 7-12 tahun.

eeb07fcf52ca7c36e1817f16ab99fcaf.jpg

Setiap hari para santri berkumpul untuk belajar mengaji dan kitab mulai dari setelah shalat maghrib hingga pukul 9 malam, dilanjutkan subuh dari jam 4 sampai jam 6 pagi. Semua anak santri yang ada di ponpes tersebut sekolah di SD Bojong Gadog.

Para santri yang belajar di ponpes tersebut tidak dibebani biaya sepeserpun. Mereka bebas belajar dan berkreasi. Saat ini mereka tinggal dan tidur di rumah Ustadz Iwan sebagai pencetus berdirinya Pondok Pesantren Ashybian ini. Beliau saat ini berprofesi sebagai buruh tani di wilayah tersebut.

Para santri bebas tinggal dan makan di rumah Ustadz Iwan, yang dinding, atap, dan alasnya terbuat dari kayu. Selain itu, rumah tersebut sudah lapuk dimakan usia dan bisa saja ketika nanti digunakan untuk belajar ataupun untuk tidur, rumah tiba-tiba rubuh.

Posisi tidur para santri pun bertumpuk di kamar yang sempit. Bahkan sebagian santri mengalami penyakit gatal-gatal akibat penularan dari santri yang lain karena kondisi kamar yang tidak layak.

70d1cd8acaa7eac7e9038303fd7c6af4.jpg

Melihat rumahnya yang makin tak kondusif untuk ditinggali para santrinya, beliau pun berinisiatif menyisihkan sebagian hartanya untuk mulai mencicil kebutuhan bangunan Ponpes Ashybian. Walaupun Ustadz Iwan harus menghidupi istri dan kedua anaknya tetapi beliau selalu percaya bahwa selalu ada rezeki untuk hal-hal baik yang dijalankan dengan keikhlasan.

Ustadz Iwan dan para santri berharap ada dermawan yang menyisihkan sebagian hartanya untuk pembangunan Ponpes Ashybian yang nantinya akan digunakan para santri untuk beribadah dan menjadi tempat tinggal santri selama proses belajar mengajar.

Insya Allah Tim Global Wakaf Kabupaten Sukabumi akan membantu dalam membangun dan merenovasi bangunan Ponpes Ashybian agar para santri dapat belajar dengan layak dan tidak was-was ketika cuaca kurang bersahabat dan ketika hujan turun.

8be9ce6f3e03482e6851e8f190ddd9e5.jpg

Insya Allah, wakaf Ponpes Ashybian akan bermanfaat untuk sekitar 70 anak dan akan digunakan para santri untuk beribadah dan menjadi tempat tinggal santri selama proses belajar mengajar. Insya Allah wakaf ini juga akan membantu kebutuhan untuk pengajar, beasiswa untuk santri yang kurang mampu, peralatan ibadah dan mushaf Al Qur'an.

"Jika manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaat dan anak shalih yang mendoakannya." (HR Muslim)

Ayo Sahabat Wakif, berikan wakaf terbaikmu untuk bangun Pondok Pesantren Ashybian agar memiliki bangunan yang layak. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini! Bismillah...

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan