Wakaf Peternakan, Bangun Ekonomi Desa di Tasikmalaya

Saat ini baru 70 kepala keluarga dan 40 pesantren yang terberdayakan dari peternakan ini. Yuk, patungan untuk meluaskan manfaat dari peternakan berbasis wakaf ini, dengan wakaf tunai terbaikmu!

Wakaf Peternakan, Bangun Ekonomi Desa di Tasikmalaya

Target

0 0

0%
0 41 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Peternakan, Bangun Ekonomi Desa di Tasikmalaya

Update : 30 Aug, 2021


Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah desa ribuan di Indonesia. Menurut data Kemendagri bahwa di Jawa Barat terdapat 5.312 desa yang terdapat di 18 kabupaten. Dari mulai desa yang berangsur mandiri hingga desa yang masih berjuang untuk mandiri. Banyak diantara warganya yang sampai saat ini masih berjuang untuk mandiri dari segala aspek, baik ekonomi maupun ketersediaan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat bisa berdaya dan berdikari.

Banyak di antara masyarakat yang sampai saat ini masih berjuang mencari sumber nafkah dengan keahlian yang minim dan cenderung mencari pekerjaan di kota-kota besar. Kemandirian ekonomi tidak tercipta, tingkat pendidikan yang masih minim dan sulitnya lapangan pekerjaan yang bisa diakses oleh masyarakat desa. Seperti halnya Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya.

2c2491a44080f3f15568c6795451f026.jpg

Peternakan berbasis wakaf yang mengelola banyak domba-domba wakaf ini melibatkan warga setempat dalam pengelolaannya, sehingga bukan hanya 70 kepala keluarga dan ratusan masyarakat penjual odot saja yang menerima manfaatnya tapi juga para petani domba lokal yang terbiasa menyediakan bibit hewan ternak sehingga kemanfaatan ini menjadi satu kesatuan ekosistem yang membuka banyak peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat dengan konsep pemberdayaan.

59a3166237c999491d13c6f5ce2fb3ff.jpg

Seperti halnya Pak Usman (46) yang sudah 7 tahun ia mengabdi sebagai pekerja dan pengelola peternakan wakaf ini. Dulu ia bekerja sebagai tukang kredit selama 10 tahun lamanya, selama itu ia berkeliling dengan menggunakan sepeda di tanah rantau sebagai tukang kredit, sering kali ia pulang dengan tangan kosong karena uang yang ia dapatkan hanya untuk ogkos pulang kampung. Semenjak usaha kreditannya gulung tikar ia terpaksa menganggur di tanah kelahirannya (Cintabodas) karena tidak memilki keahlian lain untuk bekerja. Di sisi lain, ia harus menghidupi istri dan ketiga anaknya.

0d697efd9a6d8bcc76060704d4dd5b73.jpg

Setelah peternakan berbabis wakaf ini hadir, ia bukan hanya menjadi pekerja tapi juga diberikan keahlian khusus untuk merawat amanah domba-domba wakaf ini, sehingga pengahasilan tetap ia dapatkan dan bisa menghidupi keluarga dengan semestinya. Pak Usman adalah satu dari ratusan Warga desa Cintabodas yang mendapatkan manfaat dari hadirnya peternakan ini, akses lapangan pekerjaan baru terbuka lebar sehingga banyak masyarakat setempat yang terbedayakan.

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

Hasil budidaya peternakan wakaf salah satunya di salurkan ke pesantren–pesantren dimana itu menjadi program pemberdayaan pesantren sehingga harapannya ke depan pesantren menjadi mandiri secara ekonomi. Alhamdulillah, sudah ada 40 pesantren yang merasakan manfaat dari program tersebut dengan jumlah 2000 ekor domba yang sudah tersalurkan.

45d8240302654d15697ed853ba38678b.jpg

Saat ini hanya terdapat 70 kepala keluarga dan 40 pesantren yang terberdayakan dari adanya peternakan ini, semakin banyak populasi hewan ternak maka akan semakin banyak masyarakat setempat yang terberdayakan, tentu lapangan pekerjaan akan semakin terbuka luas dan manfaat dari hadirnya peternakan ini akan semakin banyak dirasakan umat.

Insyaa Allah, dengan memohon ridho Allah, Global Wakaf-ACT akan terus berikhtiar meluaskan lagi manfaat dari peternakan wakaf ini dengan menambah jumlah populasi hewan ternak agar semakin banyak umat yang terbantu!

Target awalan akan menambah 250 ekor hewan ternak domba, tapi kami tidak dapat bergerak sendiri, kami juga perlu dukunganmu dalam rangka meluaskan manfaat dari hadirnya peternakan ini. Yuk, patungan untuk bangun peternakan berbasis wakaf dengan wakaf tunai terbaikmu!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan