Wakaf Sosial Pengadaan Keranda untuk Masjid-Masjid di Jawa Barat

Sudah seharusnya yang masih hidup mengurusi saudara kita yang meninggal dunia, karena memang itu adalah hak seorang muslim dari muslim lainnya. Yuk bantu masjid-masjid di Tasikmalaya miliki kelengkapan alat pemulasaran dan pemandian jenazah!

Wakaf Sosial Pengadaan Keranda untuk Masjid-Masjid di Jawa Barat

Target

0 0

0%
0 1 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Sosial Pengadaan Keranda untuk Masjid-Masjid di Jawa Barat


Sahabat, setiap yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya, itulah yang selama ini dijadikan keyakinan oleh setiap muslim di dunia. Tentu semua orang ingin meninggal dalam keadaan baik dan sewajarnya, dari mulai proses pemulasaran hingga prosesi penguburan.

Tapi tidak dengan sebagian saudara kita di beberapa daerah, masih ada masjid yang belum mampu menyediakan fasilitas pemulasaran jenazah dan keranda yang memadai, seringkali mereka terpaksa menggunakan pohon pisang untuk alas pemandian jenazah dan menggunakan sarung/terpal untuk menggotong jenazah saat diantarkan ke pemakaman.

c3aa4878af705f33378494481f1508d0.jpg

Bagi mereka yang masjidnya masih belum berdaya dan mengandalkan swadaya masyarakat yang penghasilan pun di bawah rata-rata, menjadikan kepemilikan alat pemulasaran dan keranda layak jadi hal yang cukup sulit dan perlu diperjuangkan.

Seperti halnya di salah satu masjid yang ada di Kampung Bongkor, Indrajaya, Sukaratu, Kab Tasikmalaya. Setiap kali ada yang meninggal dunia, salah satu panitia pemulasaraan jenazah bergegas mencari pohon pisang yang bisa ditebang, dipotong, kemudian dijadikan alas pemandian jenazah. Tentu yang memandikan merasakan kesulitan, sebab dalam proses pemandian seringkali jenazah licin, pun dengan alat mandi yang seadanya yang selalu diusahakan agar prosesi pemandian sebersih mungkin. Seringkali warga setempat merasa khawatir karena takut tidak memuliakan dan memanusiakan jenazah saat proses pemandian.

c7ef6d6794af45776501c43cb81dcc88.jpg

Begitupun pada saat pengantaran ke pemakaman, tak ada keranda, mereka hanya menggunakan sebuah kayu dan sarung atau terpal untuk menggotong jenazah menuju ke pemakaman, di tengah perjalanan sering kali mereka merasa khawatir sarungnya sobek atau terpalnya licin, apalagi saat melewati jalanan terjal menuju pemakaman, yang membuat warga setempat harus berusaha ekstra untuk tetap menjaga jenazah dalam kondisi baik-baik saja dan dalam kondisi seharusnya.

Pernah suatu kali Bapak Ade -salah satu panitia pemulasaraan jenazah yang sudah mengabdikan dirinya dalam kepengurusan jenazah selama 40 tahun lamanya- ia menuturkan pernah mengalami berbagai macam kesulitan dalam pemulasaran jenazah meski sudah ia anggap sudah menjadi hal yang biasa ia kerjakan.

841897d92ce07f99ff2f4a260352e496.jpg

Bukan tak mau mereka memiliki alat pemandian jenazah dan keranda yang lengkap, namun sudah puluhan kali mereka melakukan urunan uang, namun uang yang terkumpul sering kali hanya bisa membeli kain kafan dan perlengkapan lainnya saja, belum lagi saat ada bencana di daerahnya, uang kas tersebut seringkali terpakai untuk hal-hal emergency.

Mayoritas mata pencaharian warga setempat adalah buruh tani, ikhtiar sudah mereka lakukan, namun qadarullah masih belum terhimpun sehingga mereka masih bertahan dengan prosesi pemandian dan pengantaran jenazah dengan menggunakan peralatan seadanya.

Harapan Pak Ade bersama masyarakat setempat adalah, mereka sangat menginginkan adanya kelengkapan alat pemandian jenazah beserta kerandanya, selain akan memudahkan proses pemulasaran, sekaliagus juga memuliakan saudara semuslim kita yang tengah berpulang dan menghadap sang pencipta.

InsyaAllah Global Wakaf Tasikmalaya berikhtiar untuk menghadirkan bantuan alat pemulasaran jenazah dan juga keranda yang akan didistribusikan di masjid-masjid yang ada di Jawa Barat dengan target penerima manfaat sebanyak 1000 masjid.

d43185ebedf027a594444c68137856c7.jpg

“... Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat...” (HR.Muslim)

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak masjid yang masih belum memiliki kelengkapan pemulasaran jenazah di Jawa Barat. Sahabat, kita pun tinggal menunggu giliran menghadap kepada-Nya, selagi masih ada waktu untuk memupuk pahala dan meraih amal jariyah, yuk wakaf keranda untuk memuliakan sesama dan menabung amal sholeh.

Mulai dari sekarang sahabat bisa menunaikan wakaf tunainya untuk membantu masjid-masjid yang belum memiliki kelengkapan alat pemulasaraan jenazah!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan