Wakaf Modal Usaha untuk Mak Iyom, Lansia Penjual Kerupuk Keliling

Setiap hari Mak Iyom harus berjalan kiloan meter untuk menjual kerupuk makaroni yang ia goreng sendiri di rumahnya demi menjemput rezeki guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yuk, semangati Mak Iyom dengan wakaf modal usaha!

Wakaf Modal Usaha untuk Mak Iyom, Lansia Penjual Kerupuk Keliling

Target

0 0

0%
0 1 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Modal Usaha untuk Mak Iyom, Lansia Penjual Kerupuk Keliling


Memprihatinkan nasib Mak Iyom (83 Tahun) yang kini punggungnya sudah membungkuk dan tertatih-tatih jalannya, padahal orang-orang seusia beliau biasanya sudah menikmati masa tua bersama keluarga yang hangat. Namun tidak bagi Mak Iyom, beliau masih harus kerja keras dan melalui hari-hari yang penuh dengan cobaan. Mak Iyom harus mengurus anaknya yang mengalami gangguan jiwa seorang diri, dikarenakan suaminya sudah meninggal dunia 20 tahun silam.

Anak Mak Iyom bernama Dede Saripah yang sudah berusia 42 tahun, sudah mengalami gangguan jiwa selama kurang lebih 10 tahun. Dede Saripah sakit karena ditinggal oleh suaminya yang menceraikannya, semenjak kejadian itu, Dede sering menyendiri dan tertawa tanpa sebab. Mak Iyom tidak mampu untuk membawa anaknya berobat karena keterbatasan ekonomi.

7f1a3ea26659234f047b20844ca2c9a2.jpg

Mak Iyom tidak pantang menyerah apalagi meminta-minta, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Mak Iyom berjualan kerupuk makaroni yang ia goreng sendiri di rumahnya. Ia jual dengan cara berjalan kaki keliling kampung menjajakan dagangannya dengan harga Rp. 1.000/bungkus . Biasanya Penghasilan dari berjualan kerupuk makaroni tidak lebih dari Rp. 20.000/hari, tapi ini cukup untuk Mak Iyom makan dengan anaknya sehari-hari. Kalaupun tidak ada yang laku, alhamdulillah tetap ada tetangganya yang memberikan makanan untuk ia makan bersama anaknya, meskipun seadanya.

Mak Iyom berharap ia bisa memiliki warung kecil agar tidak harus berjualan dengan cara berjalan kaki sejauh kiloan meter, menjajakan kerupuk kepada pelanggan.

dc82354a990bb16907e138bb7ec9dc4d.jpg

Selain beban mengurus anaknya yang gangguan jiwa, setiap hari tidur Mak Iyom tidak bisa nyenyak dikarenakan rumahnya yang berukuran 2x1 m sudah lapuk dan hampir roboh, lantai dari bambu yang sudah bolong, atap yang bocor dan bilik bambu yang lapuk dimakan usia. Ia harus tidur dengan kondisi bangunan yang tidak layak, apalagi kalau hujan deras, selain air yang masuk membasahi seluruh rumah Mak Iyom, air sungai yang berada di belakang rumahnya juga mengancam rumahnya. Mak Iyom takut kalau tanahnya tergerus air sungai atau bahkan hanyut dibawa air sungai.

Sepuluh tahun yang lalu rumah Mak Iyom pernah roboh diakibatkan air sungai yang meluap sehingga membuat beberapa rumah di kampungnya termasuk rumah Mak Iyom hanyut terbawa derasnya air sungai. Setiap malam ia terus waspada, apalagi di musim penghujan ini, karena ia takut hal yang sama akan terjadi kembali menimpa rumahnya yang sudah rapuh.

94ff476dd1ae6b82b5755cbd3b71793e.jpg

Insya Allah Tim Global Wakaf Kabupaten Garut akan berikhtiar membantu memberikan warung dan juga modal usaha untuk Mak Iyom agar tidak kembali berjualan kerupuk makaroni dengan berjalan kaki sangat jauh.

Mak Iyom & anaknya sangat berharap bisa mendapatkan bantuan modal usaha serta warung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena tidak ada lagi yang membiayai mereka hidup selama ini, bantuan dari pemerintah pun tidak setiap bulan.

Dari Abu Darda’ ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: “Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah di antara kalian.” (HR. Abu Dawud)

114029d980a3cf616cd17832d1a062db.jpg

Sahabat, di usia senja Mak Iyom harus berjuang sendirian menjemput nafkah dengan berjualan kerupuk makaroni berjalan kaki kiloan meter. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ia juga harus merawat anaknya yang mengalami gangguan jiwa. Mari sisihkan uang kita untuk bantu Mak Iyom & anaknya dengan wakaf modal usaha terbaikmu!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan