Wakaf Ternak Produktif untuk Mandirikan Pesantren dan Penuhi Gizi Santri Pulau Sapudi

Pesantren ini gratis, namun pendanaan pesantren seluruhnya menggantungkan dana dari pemerintah dan sumbangan-sumbangan dari masyarakat. Mari mandirikan pesantren ini dengan bangun Lumbung Ternak Wakaf di sana! 

Wakaf Ternak Produktif untuk Mandirikan Pesantren dan Penuhi Gizi Santri Pulau Sapudi

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Wakaf Ternak Produktif untuk Mandirikan Pesantren dan Penuhi Gizi Santri Pulau Sapudi

Update : 18 Jan, 2022


Madura, sebagai daerah dengan jumlah pondok pesantren terbanyak di Jawa Timur yang memiliki kearifan lokal untuk belajar dan mengajar agama Islam. Pesantren yang tercatat dalam sejarah Indonesia telah berhasil melahirkan pemuda-pemudi kebanggaan bangsa dan agama.

Salah satunya Pesantren Al Islam Tarbiyatul Athfal yang berlokasi di Pulau Sapudi, pulau kecil yang terletak di seberang ujung timur Kabupaten Sumenep Madura. Pesantren ini sudah ada sejak tahun 1960 dan telah melahirkan generasi yang insya Allah bertaqwa dan berakhlak mulia di Pulau Sapudi.

54d6b39873e7450d05f0cb0acb5693bc.jpg

Pesantren ini menyantuni 100 santri yang terdiri dari anak-anak keluarga prasejahtera hingga anak yatim agar mereka dapat menimba ilmu secara gratis. Mengingat mayoritas orang tua santri berprofesi sebagai petani jagung dan nelayan. Penghasilan yang didapat pun tidak pasti, karena harus menunggu masa panen jagung dan cuaca di laut untuk para nelayan.

Meskipun pesantren ini gratis, namun pendanaan pesantren seluruhnya menggantungkan dana dari pemerintah dan sumbangan-sumbangan dari masyarakat. Tentu, dana tersebut tidaklah cukup untuk biaya operasional selama setahun.

fe1f42e60211c261622f80cd24e1c922.jpg

Oleh karena itu, dengan berkolaborasi dan menggandeng pesantren sebagai basis peternakan, Wakaf Ternak Produktif insyaAllah hadir untuk memberdayakan Pesantren Al Islam Tarbiyatul Athfal agar pesantren mampu mandiri dan memiliki usaha produktif.

Tak hanya menjadikan pesantren mandiri, Wakaf Ternak Produktif ini juga turut meningkatkan kemandirian umat untuk kebutuhan pangan, terutama daging yang halal, sehat, dan bergizi. Mengingat, akses antara Pulau Sapudi dengan Kabupaten Sumenep membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Sehingga, suplai bahan pangan kerap kali terjadi kelangkaan.

b628b4fb4f8e93a3499da2ac44107295.jpg

Untuk pesantren sendiri, Wakaf Ternak produktif ini bisa menjadi pusat belajar ternak modern bagi para santri dan masyarakat Pulau Sapudi. Hal ini juga menjadi harapan bagi ketua Pesantren Al Islam Tarbiyatul Athfal yakni Ustadz Cholil, dengan hadirnya wakaf ternak produktif ini dapat menjadi bekal kemampuan santri kelak setelah lulus dari pesantren.

InsyaAllah, Global Wakaf Surabaya akan terus berikhtiar meluaskan lagi manfaat dari Lumbung Ternak Wakaf ini untuk membantu memandirikan Pesantren Al Islam Tarbiyatul Athfal agar semakin banyak umat yang terbantu. Hewan ternak yang ada akan terus dirawat dengan sebaik mungkin, lalu pengelolaan peternakan akan memberdayakan santri sekaligus menjadi tempat pembelajaran ternak modern bagi santri dan masyarakat Pulau Sapudi.

Lumbung Ternak Wakaf Pesantren ini insyaAllah akan bermanfaat untuk sekitar 100 santri di Pesantren Al Islam Tarbiyatul Athfal sekaligus masyarakat Pulau Sapudi. Peternakan ini rencananya akan dimanfaatkan untuk usaha produktif pesantren agar dapat mandiri, meningkatkan kemandirian umat untuk kebutuhan pangan, terutama daging yang halal, sehat, dan bergizi, dan Wakaf Ternak produktif ini bisa menjadi pusat belajar ternak modern bagi para santri dan masyarakat Pulau Sapudi.

f96b8eef3c1d4b187c287075c290b967.jpg

“Barangsiapa yang membantu perlengkapan orang yang berjihad di jalan Allah maka sungguh dia juga telah ikut berjihad, dan barangsiapa yang membantu keluarga seorang yang berjihad di jalan Allah dengan suatu kebaikan maka dia juga telah ikut berjihad,” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu’anhu).

Sahabat Wakif, yuk ikut andil dalam membantu kemandirian pesantren pelosok dalam negeri, khususnya kebutuhan pangan, dan turut tingkatkan kemandirian pesantren dengan menjadikan pesantren sebagai pusat pengembangan ternak nasional di Pulau Sapudi melalui Wakaf Ternak Produktif!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan