Wakaf Pesantren, Bangun Pondok Al-Chamdani di Jogoroto Jombang

Kondisi Pesantren Al-Chamdani kian memprihatinkan, dindingnya terbuat dari bambu dan beratapkan banner bekas. Mari, bangun Pondok Pesantren Al-Chamdani Jogoroto Jombang!

Wakaf Pesantren, Bangun Pondok Al-Chamdani di Jogoroto Jombang

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Wakaf Pesantren, Bangun Pondok Al-Chamdani di Jogoroto Jombang


Sore hari langit tak begitu cerah, namun semangat anak-anak menuntut ilmu begitu luar biasa. Ratusan anak mulai dari usia TK hingga SMP berkumpul dalam majelis ilmu Madrasah Diniyah (MD) yang di kelompokkan sesuai dengan jenjang mereka, tepatnya di Desa Ngumpul, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

Namun ada hal yang menjadi perhatian utama, yaitu ruangan yang mereka gunakan untuk belajar terbuat dari bangunan yang sangat sederhana. Mulai dari dinding, lantai, terasnya terbuat dari bambu dan beratapkan banner bekas. Sebagian dari mereka belajar di serambi musholla. Apabila hujan deras, atapnya bocor hampir di semua sisi.

68d7cf280bd96ff056f2cc54a075f594.jpg

Begitulah kondisi bangunan pondok pesantren Al-Chamdani yang diasuh oleh Kyai Ibnu Djarir Chamdani. Pondok ini berdiri karena besarnya permintaan warga sekitar yang menginginkan putra putrinya bisa belajar ilmu agama dengan baik. Oleh karena itu dengan modal seadanya dan Tawakkal kepada Allah, Kyai Ibnu Djarir mendirikan sebuah pondok pesantren, TK, SD Islam dan SMP Islam Al-Chamdani pada tahun 2019. Santri dan santriwati di pondok ini datang dari berbagai wilayah.

Alhamdulillah sekarang sudah ada 40 santri dan 20 santriwati yang tinggal di pesantren tersebut. Dan sekitar 200 an santri kalong atau santri yang tidak menetap di pondok, ya di kelas kelas itu mereka pagi belajar ilmu umum dan sorenya diniyah.” Tutur kyai Ibnu Djarir.

bed5da3941a61f340714897610e87743.jpg

Kondisi pondok Al-Chamdani kian mengkhawatirkan, atapnya banyak yang bocor, dan bila hujan deras airnya masuk ke dalam setiap sisi ruangan bahkan proses belajar harus terhenti. Para santri harus belajar sambil menahan panas juga dinginnya udara. Kondisi ini tentu sangat mengganggu proses belajar dan membuat santri tidak merasa nyaman.

Pengasuh Pondok Al-Chamdani sedang berusaha menghadirkan bangunan dan fasilitas yang layak untuk para santri. Namun bangunan tersebut belum terselesaikan bahkan harus terhenti sementara waktu karena keterbatasan keuangan. Dana yang dibutuhkan untuk operasional pondok cukup besar, antara lain makan untuk para santri dan santriwati, listrik bulanan dan transport untuk 40 ustadz ustadzah yang mengabdi mengajar disana. Sebenarnya pengasuh pondok sudah menetapkan besaran biaya santri untuk mondok disana, namun karena banyaknya santri yang datang dari keluarga prasejahtera, akhirnya mereka diperkenankan membayar semampunya, hanya sedikit yang membayar biaya secara keseluruhan.

c14587f43d875d6e7cf947895ad85c3a.jpg

Melihat kondisi itu, Tim Global Wakaf Jombang berikhtiar untuk membantu bangun Pondok Pesantren Al-Chamdani. Semoga dengan pembangunan ini dapat memberikan kenyamanan dan mendukung lahirnya generasi yang religius.

Pondok ini akan bermanfaat untuk ratusan santri dan puluhan pengasuh. Menghadirkan tempat yang layak dan nyaman bagi santri dan pengasuh dalam proses belajar setiap harinya. Bangunan ini nantinya akan digunakan untuk sekolah SMP dan pondok pesantren.

“… Dan segeralah kamu mendapat ampunan dari Tuhanmu dan pada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang diediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menafkahkan harta mereka baik di waktu lapang maupun sempit…” (QS Ali Imran: 133-134)

9520611faf5557ba5b88d17bed3cd14e.jpg

Sahabat, mari bersama dukung lahirnya generasi masa depan yang berakhlak mulia dan bertakwa dengan sedekah jariyah terhebatmu untuk mereka!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan