Wakaf Sumur untuk Pesantren Darul Hijrah Samboja Kalimantan Timur

Bertahun-tahun para santri bertahan menggunakan air kubangan di sekitar area pondok, padahal kurang layak untuk dikonsumsi karena kandungan zat besi air yang sangat tinggi membuat warna air menjadi merah dan bau. Ayo, wakaf sumur untuk Darul Hijrah!

Wakaf Sumur untuk Pesantren Darul Hijrah Samboja Kalimantan Timur

Target

0 0

0%
0 95 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Sumur untuk Pesantren Darul Hijrah Samboja Kalimantan Timur


Pesantren Darul Hijrah Samboja beralamatkan di Jl. Desa Bukit Raya, Sungai Seluang, Kec. Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pondok ini berdiri sejak tahun 2005 dan menampung santri sebanyak 70 santri. Sejak awal berdiri, Pondok Pesantren Darul Hijrah memang kesulitan air bersih, apalagi di area sekitar pondok tidak ada mata air yang bisa dijadikan sumber air bersih.

0e56aebe3ac8ff9adac349badd5c3dd1.jpg

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dibangunnya sumur galian sedalam 10 meter di tahun 2005 silam. Namun seiring berjalannya waktu karena adanya proyek pembangunan jalan dan parit, sumur tersebut tidak bisa digunakan lagi, dikarenakan dinding sumur jebol yang mengakibatkan air masuk ke dalam sumur.

Bertahun-tahun para santri bertahan menggunakan air kubangan di sekitar area pondok. Air kubangan itu kurang layak untuk dikonsumsi karena kandungan zat besi air yang sangat tinggi membuat warna air menjadi merah dan bau. Keterpaksaan dan kebutuhan akan air membuat mereka mau tidak mau mengkonsumsi air di kubangan tersebut.

89e0420514dc3801b6ebadf764780cbd.jpg

Rimbunnya semak di sekitar kubangan juga memiliki bahaya tersendiri, Ustadz Benyamin mengatakan, "kalau mengambil air di kubangan cukup beresiko, karena yang kami takutkan bila adanya ular yang menggigit. Jadi memang harus berhati-hati kalau mengambil air di kubangan itu."

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggunakan mesin pompa untuk mengambil air. Tingginya zat besi membuat mesin mudah berkarat sehingga mesin tersebut rusak dan harus diganti. Penggantian mesin sendiri bisa 1-2 bulan sekali diganti dengan biaya 400-500 ribu. "Biasanya bila ada rezeki, kami membeli air di kampung sebelah yang berjarak kurang lebih 500 meter. Namun karena di sana juga membutuhkan air, terkadang air yang ingin kami beli stoknya habis. Walaupun begitu, para santri sangat sabar dan mengerti untuk tidak boros dalam menggunakan air." Lanjut ustadz Benyamin.

8b0b95bae78b5ec0eeb1ac0d6ff29c01.jpg

Insyaallah bantuan yang akan di implementasikan berupa sumur wakaf dengan mesin pompa berkekuatan Mesin Jet Pump merk Shimizu (Japan) tipe 268, dengan kedalaman 30-40 meter. Air Sumur nantinya akan di alirkan ke Masjid Pondok Darul Hijrah untuk keperluan wudhu dan toilet, juga ke fasilitas MCK asrama santri.

Dengan adanya sumur wakaf di Pesantren Darul Hijrah nantinya akan memenuhi kebutuhan air sehari-hari untuk 80 orang mulai dari para santri hingga para pengajar. Air sumur nantinya akan digunakan untuk kebutuhan memasak, mencuci, mandi, dan untuk dikonsumsi.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta'ala” (HR. Muslim).

88de27700b08971e1d5350a6057d2e92.jpg

Air adalah salah satu kebutuhan primer makhluk hidup termasuk manusia, mengkonsumsi air kubangan juga dapat membahayakan kesehatan bagi tubuh. Para Santri Pondok Darul Hijrah juga tidak selamanya harus membeli air bersih dengan menempuh 500 meter. Sahabat, ayo berwakaf sumur untuk kebutuhan air mereka agar mereka dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan lebih layak.

Mari sisihkan harta dan kejar amal jariyah dengan wakaf tunaimu sekarang juga!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang telah dicantumkan

Jangan lupa infokan projek wakaf ini ya,
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan