Wakaf Sumur untuk Pesantren Silatong Aceh Singkil

Para santri terpaksa mandi di tempat terbuka dan hanya dengan ditutupi kain di sekelilingnya. Sungguh tidak layak. Ayo, patugan bangun sumur dan MCK di Pesantren Silatong Aceh Singkil!

Wakaf Sumur untuk Pesantren Silatong Aceh Singkil

Target

0 0

0%
0 55 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Sumur untuk Pesantren Silatong Aceh Singkil

Update : 03 Dec, 2021


Pesantren yang terletak di daerah Simpang Kanan, Aceh Singkil ini sudah berdiri lebih dari 10 tahun dan didedikasikan untuk mendidik santri prasejahtera. Mereka dapat belajar dan tinggal di ponpes ini dikenakan biaya hanya Rp. 50.000/bulan. Namun tak sedikit santri yang tak sanggup membayar biaya sejumlah itu, dan hal inipun dimaklumi oleh para pengelola pondok.

Keterbatasan biayalah yang membuat pesantren kesulitan untuk bisa membangun MCK layak dan mendapatkan akses air bersih untuk para santri. Dengan biaya Pendidikan yang tidak mahal, bisa memenuhi kebutuhan harian saja mereka sudah bersyukur.

0c13cc4c4f79c9631cf8f5648b8d3304.jpg

Sanitasi di pondok ini masih mengandalkan aliran sungai kecil rawa-rawa di kebun sawit sekeliling pesantren. Kegiatan berwudhu dan mandi sehari-hari santri semuanya dilakukan di MCK sementara ini. Padahal, kondisi air sungai sangat keruh dan berbau rawa.

Ditambah lagi, kondisi MCK di ponpes tidak layak guna. Hanya ada 1 toilet yang berfungsi. Septic tanknya rusak sehingga menimbulkan bau tak sedap. Para santri pun lebih memilih buang hajat di dalam hutan daripada tersiksa menghirup aroma toilet yang tak sedap. Tak hanya santri putra, santri putrinya pun terpaksa mandi di tempat terbuka hanya dengan ditutupi kain di sekelilingnya. Sungguh tidak layak.

Santri-santri yang belajar di sini kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu sehingga pihak pondok pun tidak bisa memaksa para santri untuk membayar. Pondok Pesantren pun secara keuangan masih sangat kurang dan bergantung dengan donatur. Hal inilah yang membuat sarana di pondok serba seadanya.

5864d7101cba3982c827e41fa5b4f756.jpg

Kondisi terkait cukup memprihatinkan. Apalagi saat ini daerah sana sedang musim kemarau. Bau air rawa semakin menyengat. Santri di sini membutuhkan sumur air bor dan MCK yang layak. Terkadang santri ke hutan untuk membuang hajat.

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Subulussalam akan melakukan pembangunan sumur wakaf beserta bangunan MCK dengan jumlah yang memadai dan juga tempat wudhu agar para santri bisa bersuci dengan keadaan yang layak.

18ba50b64ef495c8cd7a8250e331106e.jpg

Wakaf sumur dan MCK ini insya Allah akan bermanfaat untuk 89 santri Pesantren Silatong. Sekaligus untuk masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar pesantren. Sumur ini insya Allah nanti akan dimanfaatkan untuk wudhu, mandi, mencuci dan aktifitas lainnya.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah ia meninggal dunia (salah satunya) orang yang menggali sumur.” (HR. Bazzar).

21af4c5a2037e7ab6c4d67040fdcd035.jpg

Insya Allah tim ACT Subulussalam tengah berupaya maksimal membersamai perjuangan para santri agar mereka terus bersemangat dalam menuntut ilmu. Berikan wakaf terbaik agar bisa dibangunkan sumur wakaf beserta bangunan MCK dan tempat wudhu agar para santri tidak perlu lagi bersuci di aliran sungai yang keruh.

Sahabat, mari kita bantu perjuangan para santri ini dengan wakaf terbaik kita!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan