Santri Tidur di Bangunan Lapuk dan Berlobang, Ayo Bantu Pesantren Pedalaman Tapanuli Selatan!

Kondisi asrama Pesantren Ihyaul Ulum sudah tidak layak lagi, kayu yang sudah berusia puluhan tahun dan lapuk membuat para santri kedinginan saat hujan datang. Mari hadirkan asrama yang layak untuk mereka!

Santri Tidur di Bangunan Lapuk dan Berlobang, Ayo Bantu Pesantren Pedalaman Tapanuli Selatan!

Target

0 0

0%
0 103 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Santri Tidur di Bangunan Lapuk dan Berlobang, Ayo Bantu Pesantren Pedalaman Tapanuli Selatan!

Update : 11 Oct, 2021


“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Jauh dari dari hiruk pikuk keramaian, ada sebuah pesantren yang menampung 110 santri kurang mampu dari berbagai desa. Pesantren Ihyaul Ulum namanya, terletak di pedalaman Tapanali Selatan, tepatnya di Desa Aek Urat, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan.

c9f97fb3beb08dc5eda19253fb5579f2.jpg

Bila hendak menyambangi pesantren ini, harus menempuh perjalanan darat sekitar 6 jam dari Kota Padang Sidempuan. Dengan jalan yang cukup terjal dan berliku, membuat akses menuju pesantren ini sangatlah minim, sehingga nama Pesantren Ihyaul Ulum jarang di dengar, padahal sudah lama eksistensinya, sejak tahun 1994 sudah menjadi penghasil bibit-bibit penopang agama Islam khususnya di daerah Aek Bilah.

Meski berjasa bagi masyarakat karena telah melahirkan guru-guru yang menghidupkan cahaya Islam, Pesantren ini ternyata mengalami banyak keterbatasan, seperti keterbatasan pendanaan, sehingga Pesantren yang terletak di pegunungan ini pun hanya memiliki fasilitas yang seadanya, khususnya asrama. Pihak pesantren tidak menarif untuk biaya sekolah, sedangkan untuk operasional berasal dari swadaya orang tua santri.

16afcbec527818c947866477ca3af9c6.jpg

Bangunan asrama yang jadi tempat tinggal para santri dalam kondisi amat tidak layak. Terbuat dari kayu yang sudah berusia puluhan tahun dan lapuk, nampak beberapa celah terbuka menganga sehingga air hujan atau angin mudah masuk ke dalam ruangan. Tak terbayangkan dampaknya apabila hujan besar terjadi di tempat ini. Belum lagi jika diiringi angina yang kuat.

“Anggo borngin, ama nangali, apalagima anggo ro udan, sattak ngalina ustadz. Marlubang juo dinding nai, marombus angina mur ngali. (Kalau malam sangat dingin, apalagi ketika hujan, semakin dingin. Dindingnya juga berlobang, makin dingin ketika angina datang).” Tutur salah satu santri putra.

60896b78d8b0b5c0bef63e2f64603f64.jpg

5cfd775e778ec126ba4c91fa098cf6eb.jpg

Sebagai komitmen untuk terus membesarmai ummat, khususnya santri penerus ulama di masa depan, Insyaa Allah Global Wakaf Padang Sidempuan akan mendirikan asrama yang layak untuk para santri. Supaya para santri bisa mengerjakan belajar dan beristirahat di asrama yang layak.

Asrama ini nantinya akan dimanfaatkan sebanyak 110 santri prasejahtera yang berasal dari daerah pedalaman lainnya. Kelak para santri akan bisa merasakan nyamannya belajar dan beristirahat tanpa kedinginan lagi.

Sahabat Dermawan, ikhtiar kebaikan ini bukanlah hal yang sulit. Insyaa Allah akan bisa tercapai dengan mudah jika kita bisa mengulurkan tangan bersama-sama. Mari kita hadirkan asrama yang layak untuk santri di Aek Bilah, Pedalaman Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dengan sedekah terbaik kita!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan