Wakaf Modal Nelayan, Bebaskan Nelayan Jawa Timur dari Jeratan Riba

Nelayan terjerat riba. Hasil ikan juga dibeli dengan murah, tak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mari bantu nelayan Indonesia terbebas dari jerat riba dengan wakaf modal nelayan!

Wakaf Modal Nelayan, Bebaskan Nelayan Jawa Timur dari Jeratan Riba

Target

0 0

0%
0 72 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Wakaf Modal Nelayan, Bebaskan Nelayan Jawa Timur dari Jeratan Riba

Update : 30 Aug, 2021


Kisah pahit nelayan Indonesia

Taukah kamu bahwa perairan Paciran di Lamongan menjadi salah satu penyumbang hasil ekspor laut yang luar biasa? Tapi sayang sekali, tingginya harga ekspor tidak sejalan dengan kondisi ekonomi para nelayan.

Hampir 90% nelayan paciran terlilit hutang dan kesulitan melaut karena minimnya modal untuk melaut. Ditambah lagi mereka terjerat sistem tengkulak yang mengharuskan mereka menjual hasil melaut pada mafia dengan harga yang rendah.

8392cbe4c97044eff2a4eccf7f33e890.jpg

Apalagi masih di tengah kondisi pandemi seperti ini, pasar sepi, pembeli ikan menurun. "Pulang nggak bawa apa-apa, anak minta uang, sesak rasanya", ujar Fendi nelayan Paciran menahan tangisnya.

Sekolah anak juga harus dibayar, di tengah pandemi seperti ini butuh tambahan biaya untuk sekolah daring. "Saya ngga bisa bayar sekolah anak saya, saya ke sekolah dan saya bilang kalau saya tidak bisa bayar", ujar Muflichun seorang nelayan kepada Tim Global Wakaf Jatim.

a4405a232fc8ae0f96a0ab07b03550bd.jpg

Bukan hanya di Paciran

Tidak hanya Fendi dan Muflichun, ada ribuan nelayan paciran yang merasakan hal semisal. Bahkan mungkin di penjuru Indonesia banyak pula merasakan hal yang sama. Hasil tangkapan yang minim tidak mampu memenuhi kebetuhan rumah apalagi untuk modal balik melaut. Perahu nelayan juga seadanya dan tidak mampu melaut terlalu jauh, sehingga tangkapan minim, tak bisa balik modal. Modal melaut seperti solar, pakan ikan, peralatan melaut bisa sebesar Rp 1.000.000, rumponnya saja seharga Rp 4.000.000. Modal sebanyak itu seringkali didapat dari pinjaman dengan bunga. Setelah ikan ditangkap harus dijual di tengkulak dengan harga tak seberapa. Laa hawla walaa quwwata illa billah.

Apa yang bisa kita lakukan?

Sahabat, maukah kamu membantu para nelayan Paciran dan nelayan di wilayah lainnya untuk memerangi riba?
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman"
(Al Baqarah 278).

Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi sallallahu 'alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat"
(HR. Muslim)

824f5b9b50a9da7416b023e058026d1f.jpg

Insyaa Allah tim Global Wakaf - ACT akan menyalurkan wakaf modal nelayan untuk membebaskan nelayan Paciran dan nelayan-nelayan lainnya dari jerat riba dan kesulitan modal melaut. Semoga bisa membangkitkan kembali para pencari nafkah yang berlayar di laut dengan cara yang lebih baik daripada cara-cara para mafia dan tengkulak.

Ayo bergerak sekarang!

Sahabat, ayo ikut bantu bebaskan nelayan dari jerat riba dan kesulitan modal melaut! Insyaa Allah menjadi pahala jariyyah tak berputus dan amal kebaikan melepaskan kesulitan saudara muslim, apalagi pejuang nafkah keluarga. Mari bersama bantu nelayan-nelayan terbebas dari jerat riba dan kesulitan modal melaut dengan wakaf tunai terbaikmu!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan