Bangun Peradaban yang Mandiri melalui Kawasan Wakaf Terpadu

Permasalahan kehidupan sejatinya begitu kompleks. Dari skala mikro sampai dengan makro, dari permasalahan individual sampai dengan urusan orang banyak. Melalui Kawasan Wakaf Terpadu kita wujudkan pembangunan Islam yang madani.

Bangun Peradaban yang Mandiri melalui Kawasan Wakaf Terpadu

Target

0 0

0%
0 131 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Bangun Peradaban yang Mandiri melalui Kawasan Wakaf Terpadu

Update : 06 Oct, 2021


"Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya.” (QS Huud : 61)

Islam sudah banyak memainkan peran yang signifikan dalam perkembangan beberapa aspek peradaban dunia. Pertumbuhan dan perkembangan umat Islam sejak 14 abad silam turut mewarnai peradaban dunia, bahkan pesatnya perkembangan Islam ke Barat dan Timur membuat peradaban Islam dianggap sebagai peradaban yang paling besar pengaruhnya di dunia.

c84bf4fb2df8f2753297b774db783135.jpg

Namun dalam waktu dewasa ini, tatanan dan tantangan global banyak berubah dan mengalami berbagai problematika kehidupan. perubahan tatanan dan pengaruh pembangunan di luar Islam berdampak pada berbagai problematika dan solusi yang tidak tuntas.

Permasalahan kehidupan, sejatinya begitu kompleks. Dari skala mikro sampai dengan makro, dari permasalahan individual sampai dengan urusan orang banyak. Berdasarkan semua permasalahan yang terjadi, yang paling kompleks ialah kemiskinan dan kebodohan.

d5868a0efb31f980a4b63892d0a19746.png

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah penduduk miskin pada bulan Maret 2021 mencapai 27,54 juta orang. Jumlah ini hanya menurun tipis 0,01 juta orang dibanding September 2020. Sementara itu, menurut Sosiolog Universitas Syarif Hidayatullah mengatakan bahwa ada kesalahan dimana kita selalu menganggap kemiskinan hanya bisa dientaskan lewat perbaikan ekonomi semata, namun lebih dari itu. Dibutuhkan pembangunan dari berbagai sektor. Tak terkecuali Pendidikan. Sedangkan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan bahwa tingkat pendidikan penduduk pada usia di atas 14 tahun hanya sebesar 8,5% dan tingkat kecerdasan generasi muda Indonesia berada pada urutan ke-72 dari 78 negara (Caesaria, 2020).

Kawasan Wakaf Terpadu sebagai Solusi

Kawasan Terpadu adalah tata kelola masyarakat yang holistik, yang di dalamnya ada seluruh unsur kehidupan yang terkait dengan kebutuhan manusia dari level global, nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa. Bahkan, lebih kecil dari desa. Sedangkan unsur wakaf adalah cara pembiayaan yang dipergunakan untuk kawasan itu. Dengan adanya kawasan ini masyarakat diharapkan akan sangat mudah melihat bagaimana Islam mengurus urusan dari yang paling sederhana kepada urusan yang paling kompleks, dengan kata lain kawasan ini akan menjadi contoh nyata dari peradaban.

Agar Kawasan Wakaf Terpadu (KWT) itu dapat dibangun dan berkelanjutan, maka paling tidak ada 5 hal yang mendasari kenapa Kawasan wakaf terpadu itu harus ada dan dibangun, diantaranya:

1. Untuk pemenuhan kebutuhan manusia (kebutuhan pokok, sekunder dan tersier)
2. Seluruh program yang dibangun harus berkelanjutan (sustainable)
3. Program yang di hadirkan menyeluruh dari hulu-hilir
4. Antara program satu dengan yang lain terpadu (integrated)
5. Untuk tahap awal dimulai dari desa (penduduk paling dominan)

61c45be03bf8c4e1020309abd27c6307.png

KAWASAN WAKAF TERPADU (KWT) adalah sebuah sistem pengelolaan masyarakat peradaban yang titik tumpunya adalah membangun pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya yang merupakan karya bersama terbaik, berkelanjutan dan bermanfaat bagi sebanyak-banyak manusia yang pembiayaanya (keseluruhan atau sebagian) oleh WAKAF sebagai instrument terbaik yang Allah hadirkan.

30cf4f625a1d22df6ddfd3d84edf6d39.png

Kawasan ini akan “menjahit” beragam program GLOBAL WAKAF menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai contoh sebuah peradaban manusia, sehingga akan sangat mudah memberi contoh konkrit tentang peradaban yang Islami. Kawasan ini juga akan mejadi “etalase” bagi karya-karya besar GLOBAL WAKAF yang selain bertumpu pada kemanusian juga peradaban, hal ini akan memberikan contoh produk-produk peradaban (Air,Pangan,Pendidikan, dll, based on teknologi ramah lingkungan). Kawasan ini pun juga diharapkan mampu menambah nilai suatu kawasan.

Kawasan Wakaf Terpadu memiliki program yang terintegrasi dari program unggulan yang selama ini dijalankan oleh Global Wakaf meliputi berbagai program seperti;

1. Lumbung Wakaf Ternak, Lumbung Wakaf Ternak ini akan mengoptimalkan peran dan potensi suatu daerah sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitar. Selain itu, pemberdayaan peternak lokal juga menjadi fokus utama untuk mengembangkan potensi masyarakat.

2. Pabrik Air Minum Gratis, merupakan program unggulan Global Wakaf dengan fokus memastikan ketersediaan air ke berbagai wilayah untuk masyarakat nikmati secara gratis.

3. Lumbung Beras Wakaf, merupakan lumbung beras gratis dari Global Wakaf guna penyediaan beras dan pemenuhan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memastikan penurunan kasus kelaparan di Inodnesia.

4. Sarana Pendidikan, Masjid dan sistem pendidikan akan dibangun guna peningkatan kapasitas pendidikan terutama pendidikan Islam untuk masyarakat di sekitar kawasan.

dan masih banyak program lain dari Global Wakaf yang akan berintegrasi di dalam kawasan ini. Selain itu, Kawasan Wakaf Terpadu akan dibangun di berbagai titik di indonesia. Beberapa siteplan telah dibuat untuk wilayah Aceh, Bogor, Tasikmalaya dan Karawang. Insya Allah bersama wakaf tunaimu kita wujudkan peradaban Islam yang madani.

bc1d30646368a34b48f49b0c276b0430.jpg

"Beramal-lah kalian, maka Allah dan Rosul-Nya akan melihat amal kalian itu“. (QS. At-Taubah: 105).

Yuk kita ikhtiarkan rencana bersama yang Insya Allah akan menjadi sebaik-baiknya pahala karena menciptakan kebermanfaatan yang terus menerus di rasakan untuk masyarakat di berbagai titik di Indonesia.

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan