Santri Wudhu dengan Air Rawa, Ayo Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh!

Para santri di Pondok Pesantren Dayah Modern Terpadu Subulussalam mengalami krisis air bersih, masih mengandalkan aliran sungai kecil rawa-rawa di kebun sawit yang jauh dari asrama. Ayo, patungan bangun sumur di sana!

Santri Wudhu dengan Air Rawa, Ayo Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh!

Target

0 0

0%
0 103 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Santri Wudhu dengan Air Rawa, Ayo Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh!


“Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta'ala” (HR. Muslim).

Tempat Belajar Ilmu Agama ini Bernama Pondok Pesantren Dayah Modern Terpadu (DMT) Subulussalam

Pondok Pesantren Cmerupakan pesantren tertua di Kota Subulussalam. Pesantren ini terletak tepat di perbatasan Aceh - Sumatera Utara, tepatnya di Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Kalau sahabat mau ke Aceh dari Kabupaten Dairi atau Pak-Pak Bharat (Sumatera Utara), sahabat akan langsung menjumpai pesantren yang berada di pinggir Jalan Raya Nasional ini.

Pondok ini telah berdiri sejak 32 tahun lalu, tepatnya diresmikan pada tahun 1989. Lebih kurang 267 santri terdaftar di sana saat ini, sedang sibuk mempelajari Al-Qur’an dan ilmu-ilmu agama lainnya. Setiap hari para santri belajar dengan antusias di bawah bimbingan para ustadz dan ustazdah.

bce7573e5afea02fb9ec17636d8b5229.jpg

Kelangkaan Air Bersih yang Dialami Santri-Santrinya

Karena selama ini, sarana MCK di sana kurang memadai, dan membuat banyak santri terpaksa berwudhu dan bersuci di sungai sekitar pesantren.

Sanitasi di pondok ini masih mengandalkan aliran sungai kecil rawa-rawa di kebun sawit yang jauh dari asrama. Kegiatan berwudhu dan mandi sehari-hari santri semuanya dilakukan di sungai. Padahal, kondisi air sungai sangat keruh.

035affc54610f7fe31d416884e8217e8.jpg

Kondisi terkini santri sangat sulit untuk mendapatkan air karena wilayah pesantren yang terletak di perbukitan dan dikelilingi sawit. Santri berwudhu menggunakan air rawa yang mereka dapatkan dari aliran sungai kecil.

Melihat perjuangan adik-adik di sana belajar, kami ingin mengajak Sahabat Dermawan untuk membantu perjuangan mereka dalam menuntut ilmu dan beribadah dengan menyediakan sarana sanitasi berupa sumur bor serta MCK yang memadai agar para santri dan Asatidz tidak kesulitan lagi berwudhu atau menunaikan hajatnya.

515d188fba8df0f22efb555ae576501f.jpg

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Para Santri?

Insya Allah, tim Global Wakaf Subulussalam akan membangun sumur wakaf beserta fasilitas MCK untuk Santri Pesantren Perbatasan Aceh. Sumur yang akan dibangun menggunakan mesin pompa air. fasilitas MCK yang dibangun akan memiliki 3 pintu.

Sumur Wakaf ini insyaa Allah akan bermanfaat untuk sekitar 267 santri di Pesantren Subulussalam, sekaligus untuk 26 kepala keluarga yang berada di lingkungan pesantren. Sumur ini rencananya akan dimanfaatkan untuk berwudhu, mandi, mencuci, hingga sumber air minum para santri Subulussalam.

abcab8ea193b4ad0ccab4504fc23551b.jpg

Kelangkaan air bersih ini menjadi kendala utama yang menghambat aktivitas para santri dan masyarakat sekitar Ponpes untuk mandi, mencuci, memasak, bahkan untuk berwudhu. Melihat hal ini, tim Global Wakaf berikhtiar untuk membangunkan sumur wakaf. Maukah Sahabat Dermawan turut membantu ?"

"

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan