Raih Pahala Jariyah dengan Bangun Sumur Wakaf untuk Saudara di Timur Indonesia

Kekeringan ekstrem melanda setiap tahun, namun saudara di Indonesia Timur tak memiliki sumber air yang cukup. Jadikan momentum raih pahala jariyah dengen bangun Sumur Wakaf untuk saudara di Timur Indonesia!

Raih Pahala Jariyah dengan Bangun Sumur Wakaf untuk Saudara di Timur Indonesia

Target

0 0

0%
0 131 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Raih Pahala Jariyah dengan Bangun Sumur Wakaf untuk Saudara di Timur Indonesia

Update : 27 Sep, 2021


Dari Sa’id bahwasanya Sa’ad mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bertanya,

“Sedekah apa yang paling engkau sukai.” Jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah air.” (HR. Abu Daud, no. 1679

Kekeringan masih menjadi permasalahan yang sering terjadi terutama bagi wilayah di Indonesia Timur. Wilayah Indonesia Timur setiap tahunnya memang menjadi daerah langganan kekeringan yang membuat warganya mengalami krisis air bersih.

165668baac290adfa6479eeec8bbbb0e.jpg

Berdasarkan pantauan BMKG hingga akhir Agustus 2021, perkembangan musim kemarau tahun 2021 menunjukkan 85,1% wilayah Indonesia sedang mengalami musim kemarau. Dari monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) berturut-turut, beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami HTH dengan kategori sangat panjang (31-60 hari) dan extrem panjang (>60 hari).

Saking langkanya, terkadang masyarakat di Indonesia Timur harus rela menukar ternak yang mereka miliki dengan air. Saudara-saudara kita di Indonesia Timur juga harus menempuh berkilo-kilo meter jalan berbatu, hanya untuk mengambil air yang ada di satu-satunya sumber mata air bersih di sana.

86e795a46a5ab8417a6b4cf508889e7b.jpg


Apa yang bisa kita Ikhtiarkan

Pembangunan Sumur Wakaf di berbagai titik di wilayah rawan kekeringan di Indonesia menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan kekeringan yang terjadi. Terdapat 3 jenis sumur dengan berbagai peruntukan diantaranya:

1. Sumur Wakaf Keluarga, kedalaman sumur 1-15 meter.
2. Sumur Wakaf Komunal, kedalaman sumur 30-100 meter.
3. Sumur Wakaf Produktif, untuk mengairi 4-5 hektar lahan.

Pembangunan sumur wakaf akan bergantung pada berbagai faktor seperti jenis tanah di suatu daerah. Seringkali, pengeboran sumur memerlukan kedalaman yang cukup dalam untuk mendapatkan sumber air terutama di daerah-daerah bebatuan. Selain itu, peruntukan sumur juga perlu memperhatikan peruntukannya. Seperti halnya sumur untuk peruntukan pertanian, maka diperlukan pembangunan Sumur Wakaf Produktif guna menjangkau luasnya lahan pertanian.

16fe55fb647cd04c0ffb9829445105f7.jpg

Pembangunan Sumur Wakaf alhamdulillah telah diikhtiarkan dan akan terus diikhtiarkan di berbagai lokasi guna mengatasi permasalahan kekeringan. Pembangunan sumur ini telah terbangun di ratusan titik di Indonesia dengan puluhan ribu jiwa masyarakat yang terbantu.

2c60edc93f87a243779d1ebb26b866c7.jpg

Salah satu Sumur Wakaf yang masih mengalirkan air meski saat kemarau adalah sumur yang berada di Desa Lekor, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Sumur Wakaf ini tak hanya memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, tapi juga menghidupkan lagi aktivitas masyarakat di Mushala Al Istiqamah ini.

Begitu juga dengan Sumur Wakaf yang berada di Desa Illu, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur ini. Menurut penuturan Muhammad Laka, salah satu warga di sana, sumur ini adalah satu-satunya Sumur yang tetap mengalirkan air meski musim kemarau ekstrem melanda.

77195f9319307d83f34313c62b75efcf.jpg

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim)

Sahabat, mari kita ringankan kesulitan saudara-saudara kita di Indonesia Timur dengan pembangunan Sumur Wakaf sebagai solusi masalah kekeringan di sana!

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan