Kekeringan Melanda, Mari Hadirkan Sumur Wakaf untuk Warga Kampung Cigadog

Kekeringan berkepanjangan dirasakan oleh warga Kampung Cigadog sepanjang musim kemarau. Sebagian warga harus berjalan sekitar 500 meter demi mendapatkan air bersih. Yuk bangun Sumur Wakaf untuk mereka!

Kekeringan Melanda, Mari Hadirkan Sumur Wakaf untuk Warga Kampung Cigadog

Target

0 0

0%
0 72 hari tersisa
Rp
Rp 50,000
Rp 100,000
Rp 250,000

Kekeringan Melanda, Mari Hadirkan Sumur Wakaf untuk Warga Kampung Cigadog

Update : 15 Oct, 2021


Sahabat, kekeringan yang berlarut-larut dirasakan oleh saudara kita di Kampung Cigadog Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut. Sungai yang biasanya mengalirkan air begitu deras di musim hujan, kini kering tidak menyisakan air.

2fc4148fb4d2dbd2df972eb5e5fa011f.jpg

Bagi beberapa warga yang memiliki uang lebih, mereka akan menggunakan mesin untuk menarik air dari atas. Berbeda dengan warga yang tidak mempunyai biaya, mereka harus turun ke sungai dengan medan yang terjal sejauh 500 meter. Aliran air sungai juga dimanfaatkan untuk aktivitas mencuci baju, cuci piring, mandi dan aktivitas lainnya.

c0215dd7e1133fac5637fab4545765be.jpg

Bukan hal yang mudah membawa air dengan medan yang menanjak, warga harus istirahat beberapa kali karena tidak kuat membawa beban air yang berat dengan jalan yang menanjak. Salah seorang warga mengeluhkan kalau sudah selesai mandi dari bawah sesampainya ke atas terasa panas dan berkeringat. Tapi, ini harus mereka lakukan karena sulitnya mendapatkan sumber air.

349068f311f7e23f459330195d061ebb.jpg

Terkadang, warga Cigadog yang sudah kesulitan air untuk mandi saja harus menumpang ke desa sebelah yaitu desa Jagabaya atau ke kerabat lainnya di Kecamatan Caringin, Garut. Kejadian ini terus berulang-ulang setiap tahunnya.

Pihak atasan seperti Agus Saepudin yang menjabat sebagai camat Mekarmukti serta Ma’mun Gunawan, sekretaris Mekarmuti sangat resah dengan kekeringan yang berlarut-larut ini. Pengajuan pada pemerintah juga belum membuahkan hasil. Harapannya, tidak jauh dari pengadaan sumur baru serta kembali menggali sumur yang sudah ada agar air yang dihasilkan tidak habis ketika kekeringan.

7cc9ee5e02fcbb44152ba068c692d6c2.jpg

InsyaAllah tim Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut akan membangun Sumur Wakaf serta pembangunan MCK dua pintu agar warga tidak harus jauh-jauh ke sungai untuk melakukan aktivitas MCK sehari-hari.

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah, bahwasanya Ummu Sa’ad (ibundaku) meninggal dunia. Sedekah apakah yang afdal untuknya?” (HR. Abu Daud)

Sahabat, di musim kemarau sekarang ini, warga Kampung Cigadog Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan mereka harus turun ke sungai yang hampir kering dengan keadaan jalan yang terjal. Mari beramal jariyah dengan membangun sumur wakaf untuk warga Garut Selatan.

Berikan wakaf terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal wakaf
3. Masukkan informasi pelengkap lalu pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank BNI/Mandiri/BCA/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf Sekarang
5. Dapatkan laporan wakaf via email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa bagikan program wakaf ini ya, kak.
Salam hangat!


*dengan berwakaf melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan